[Review] Northanger Abbey by Jane Austen

Northanger AbbeyCatherine Morland adalah anak tomboy yang menjelma menjadi gadis cantik. Catherine suka sekali membaca novel.IMG_20170607_163503

Kini dia berusia 17 tahun dan siap berpetualang, meninggalkan desa tempat dia tinggal. Tentu saja untuk sementara. Catherine diajak oleh Mr. dan Mrs. Allen ke Bath, tempat Mr. Allen akan mengobati penyakit rematiknya.

Di bath, Catherine diajak Mrs. Allen untuk mengikuti berbagai pesta. Catherine mempunyai pasangan dansa yang menarik hatinya, Mr. Henry Tilney. Mr. Tilney mempunyai adik bernama Eleanor Tilney. Karena menyukai kakaknya, Catherine menjadi dekat dengan Miss Tilney. Kakak-beradik ini sama-sama baik terhadap Catherine.

Ketika keluarga Tilney memutuskan untuk mengakhiri kunjungannya di Bath, Catherine sedih. Tapi beruntungnya keluarga Tilney mengajak Catherine ikut ke Nothanger Abbey, tempat di mana mereka tinggal. Keluarga Tilney merupakan keturunan bangsawan, dan Northanger Abbey sendiri merupakan sebuah bangunan tua, biara. Catherine menyukai bangunan-bangunan tua, dan dia membayangkan akan melakukan petualangan seperti di novel-novel Horor yang dia baca. Bangunan tua, peti mati, dan hantu. Tapi ketika tiba di Northanger Abbey, bangunan itu tidak seperti yang Catherine bayangkan. Northanger Abbey merupakan bangunan bersejarah yang sekarang tampak modern, dengan perabotan-perabotan baru dan mahal di dalamnya.

Terus gimana kelanjutannya? Baca sendiri yaaa….

Aku merasa ini gak seperti novel Jane Austen yang biasanya. Gak ada getar-getar asmara yang bikin aku memproduksi kupu-kupu. Kisah cinta Catherine dan Henry Tilney biasa aja, lagian Henry Tilney jarang muncul, karakternya kurang tergali. Aku jadi kurang menikmati novel ini ketimbang novel-novel Jane Austen yang telah kubaca. Malah, tokoh yang penggambaran karakternya sangat kuat selain Catherine yaitu Isabella dan John Thorpe, dua saudara yang sama-sama menjengkelkan.

Buku-buku yang disebutin Catherine aku juga gak ada yang kenal kecuali Shakespeare, dan itu pun sekedar tau aja.

Quotes of Northanger Abbey

  • Persahabatan memang merupakan obat manjur untuk mengobati pedihnya kisah cinta yang mengecewakan.
  • Perasaanmu mudah dipahai. Jika hari sudah benar-benar terpikat, aku tahu betul betapa kecilnya kemungkinan dia bisa merasa senang dengan perhatian dari orang lain. Segalanya sangat menjemukan, begitu tidak menarik, jika tidak berhubungan dengan orang terkasih.
  • Siapa pun itu, entah pria atau wanita, yang tidak menikmati novel bagus, pasti sangatlah bodoh
  • Kau akan membernarkan bahwa ‘menyiksa’ dan ‘ mengajar’ kadang bisa jadi dipakai sebagao kata sinonim
  • Dan bahkan kau sendiri, yang kelihatannya sama sekali tidak punya ketekunan yang besar, mungkin bisa mengakui bahwa sengatlah berguna bila seseorang dibuat menederita selama dua atau tiga tahun dalam hidupnya, agar mampu membaca disepanjang sisa hidupnya.
  • Aku benci pemikiran bahwa satu orang kaya mencari orang kaya lainnya. dan menurutku menikah demi uang adalah hal yang paling jahat.
  • Selalu ada gunanya bagi orang muda dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya berusaha keras.

Informasi Buku

Judul: Northanger Abbey

Penulis: Jane Austen

Penerjemah: Shinta Dewi

Penyelaras aksara: Naufal

Penatar aksara: CDDC

Perancang sampul: Aida Kania Lugina

Penerbit: Noura Books

Terbit: 2015

ISBN: 978-602-0989-92-i

Pinjam di Ijak

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s