P.S. I Like You Vs To All the Boys I’ve Loved Before

to-all-the-boys-ive-loved-before-psilikeyou.jpg.jpeg

Kedua novel ini sama-sama aku baca baru-baru ini. Kalau p.s i like you merupakan bacaan pertamaku di tahun 2017 ini. Kalau To All the Boys I’ve Loved Before merupakan bacaan pertamaku di bulan maret tahun ini. Tapi untuk terbitnya, ternyata To All the Boys I’ve Loved  Before terbit duluan, tahun 2014, dan P.S. I Like You tahun 2016.

Setelah baca To All the Boys I’ve Loved Before aku mikir kok rada-rada mirip gitu ya di beberapa bagian dengan P.S. I Like You. Sebenarnya aku gak ada rencana mau buat postingan ini, tapi kepikiran terus. Gak enak kalau gak ditulis.

Mau bilang kalau postingan ini bakal berterbaran SPOILER

Lanjut?

Lanjut dong!

Kedua novel ini menurutku memiliki beberapa kesamaan. Oke, aku bahas satu-satu.

  1. Sama-sama tentang surat menyurat.

Di zaman super modern dimana orang-orang uda pakai smartphone, kedua novel ini menganggkat tema yang unik. Surat-menyurat. Kalau Lily dari P.S. I Like You menulis sebuah lirik lagu di bangkunya saat pelajaran kimia yang menurutnya membosankan dan ternyata esoknya catatan tersebut ada yang membalas. Begitu seterusnya tiap pelajaran kimia. Lily dan sahabat penanya yang entah siapa saling surat menyurat membahas lagu awalnya, sampai masalah pribadi. Dan surat-surat itu mereka selipkan di bawah bangku. Sedangkan Lara Jean dari To All the Boys I’ve Loved Before menulis surat untuk semua orang yang pernah disukainya dan menyimpan surat-surat tersebut di kotak topi. Dan surat-surat tersebut suatu hari dikirim entah oleh siapa  ke orang yang dituju dalam surat-suratnya.

  1. Tokoh utamanya memiliki keluarga yang sama-sama hangat.

Liliy dari P.S. I Like You memiliki keluarga yang utuh, ayah-ibu, kakak perempuan, dan dua adik laki-laki-laki. Keluarga Lily menurut Lily sendiri adalah keluarga yang aneh, tapi tentu mereka saling menyayangi. Sedangkan Lara Jean dari To All the Boys I’ve Loved Before meskipun diceritakan ibunya sudah meninggal, keluarga mereka tidak kekurangan kasih sayang. Ada ayah yang selalu berusaha ada untuk ketiga anak perempuannya. Lara Jean mempunyai seorang kakak perempuan yang 2 tahun lebih tua darinya. Dan seorang adik perempuan yang berumur 9 tahun.

  1. Settingnya sama-sama di SMA
  2. Kisah cinta yang sama-sama berawal dari benci

Tapi kebencian Lily jauh lebih parah.

  1. Adik yang membuat masalah

Kalau Lily, gitar yang dia beli dengan susah payah hasih menabung dirusak oleh salah satu adikknya. Lily menyangkanya sih si adik bungsu, ternyata adiknya yang lebih tua, tapi gak ngaku-ngaku. Kalau Lara Jean, surat-surat yang dia simpan ternyata dikirim oleh adikknya, Kitty, tanpa sepengetahuannya. Dan gak mau ngaku juga sampai akhir. Yang jelas, adik Lily maupun Lara Jean akhirnya mengaku dan minta maaf.

  1. Tokoh utama cowoknya sama-sama cowok populer di sekolah.
  2. Sama-sama menyukai mantan dari orang terdekatnya.

Karena memyukai mantan dari orang terdekatnya itu lah Lily maupun Lara Jean jadi gak enak hati. Kalau Lily menyukai mantan dari sahabatnya, sedangkan Lara Jean menyukai mantan dari kakaknya.

  1. Sama-sama ada tokoh bernama Lucas yang pernah disukai Lily maupun Lara Jean.
  2. Si tokoh cowok tetap datang ke acara keluarga si tokoh cewek walaupun gak akur.

Di P.S. I Like You kan tokoh utama cowoknya datang ke acara thanksgiving di keluarga Lily karena diundang oleh adik Lily, padahal Lily sendiri sama doi gak akur. Nah, pas baca To All the Boys I’ve Loved Before saat acara Natal di rumah Lara Jean, aku yakin banget tuh cowok  bakal datang ke rumah Lara Jean meskipun mereka sebelumnya bertengkar

  1. Sama-sama ada hewan peliharaan

Kalau P.S. I Like You ada kelincinya adik Lily. Sedangkan di To All the Boys I’ve Loved Before ada anak anjing adik Lara Jean.

  1. Si tokoh utama cowok sama-sama dari keluarga broken home
  2. Ceritanya sama-sama manis

Meskipun baca P.S. I Like You duluan, dan bisa nebak-nebak alur To All the Boys I’ve Loved Before, aku sangat menikmati kok.

  1. Sama-sama diterbitkan oleh penerbit spring tentunya untuk versi terjemahan Bahasa Indonesia.

Apalagi ya kesamannya? Ditambahkan di komen kalau ada lagi yaaak…

p.s. To All the Boys I’ve Loved Before kalau difilmkan aku ngebayangin Kim So Hyun sebagai Lara Jean.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s