Dilema Buku Berseri

Sebagai book addict, tentu kita senang dong kalau penulis kesayangan kita menerbitkan buku berseri. Ceritanya bakal panjang dan lebih memuaskan. Tapi selain itu, buku berseri bikin dilema juga sih kadang.

Why?

Ini dia beberapa alasannya, berdasarkan pengalaman pribadi sendiri yang tentunya sangat subjektif.

  1. Bikin galau karena koleksi gak lengkap, eman mau beli karena uda baca semua.
KCB 1
kcb 1

Ini terjadi pada buku Ketika Cinta Bertasbih (KCB). Beli kcb 1 jaman SMA dulu, karena temanku punya kcb 2, akhirnya aku pinjem ke dia dan gak jadi beli.

tetralogi laskar pelangi
tetralogi laskar pelangi

Baca Laskar Pelangi juga jaman SMA, pinjam ke teman. Buku keduanya, Sang Pemimpi dibelikan teman lesanku. Buku ketiganya, Edensor, dikasih Imamah saat ulang tahun. Dan ketika terbit buku terakhir, Maryamah Karpov, dan sepupuku ternyata uda punya, ya aku pinjam ke dia. Jadinya cuma punya Sang Pemimpi dan Edensor.

Dilan
Dilan 2

Seperti yang aku ceritakan di postingan sebelumnya di sini. Aku baca Dilan ya baru-baru ini. Dilan 1 aku baca ebook gratisan, baru Dilan 2 beli.

Sherlock Holmes
sherlock holmes

Hampir semua novel dan cerita pendek karya Sir Arthur Conan Doyle tersebut aku baca via e-book, cuma beberapa aja yang baca versi cetaknya. Tapi tetap saja pengen punya karya lengkap seri Sherlock Holmes. Sementara ini cuma punya dua buku aja seperti di gambar. Tapi tebelnya waaar biasa deh yang gambar sebelah kanan itu.

Mengenai buku-buku di atas, aku tetap pengen ngoleksi lengkap supaya kalau ada teman minjam gak bingung cari-cari kemana lagi. Ada yang mau ngasih gak? Huehehe….. Masalahnya kenapa gak segera lengkapin karena seperti yang aku ceritakan di postingan sebelumnya, soalnya buku-buku baru dan bagus terbit tanpa memikirkan perasaan dompet, ketika mau beli, terus lirik buku lain, membuatku mikir jangan sekarang deh,lagian uda baca juga.

  1. Lama nunggu seri selanjutnya.

fb_img_14431330592701811.jpg

game a thrones

Bukunya kakek Martin ini di negara asalnya entah sudah sampek berapa. Sebagai manusia yang bahasa inggrisnya pas-pasan, aku nunggu terjemahan bahasa Indonesianya dari penerbit Fantasious. Masih dua sih di Indonesia. Rencananya 7 kalau gak salah.

  1. Masalah kesehatan dompet dan malah tergoda buku lain yang juga berseri
insurgent
trilogi divergent

Beberapa Bulan yang lalu, aku nonton Divergent dan suka. Ternyata genrenya sama dengan Hunger Games. Kemudian aku beli buku kedua, Insurgent, bareng dengan beli Dilan 2. Saat itu aku emang sengaja gak beli buku ketiganya, Allegiant, karena 2 buku itu aja terhitung 1 kilo ongkirnya, nambah 1 buku terhitung 2 kilo, nambah 1 buku lagi masih terhitung 2 kilo, tapi uangnya yang gak cukup. Hehe… kurang mudeng saat baca Insurgent, apa karena yang pertama, yaitu Divergent aku nonton filmnya dan belum baca bukunya. Niatku mau lengkapin dulu trilogy ini baru setelah itu baca dari awal berurutan.

imageSerial detektif Cormoran Strike by Robert Galbraith aka J.K Rowling

Sama seperti trilogy divergent, aku telat informasi mengenai buku-buku oke. Saat ke toko buku, aku lihat The Cuckoo’s Calling dan The Silkworm, tapi aku gak ngeh kalau Robert Galbraith itu adalah nama lain dari J.K Rowling. Ketika tau dan baca review di internet, rata-rata menilai bagus untuk buku ini, langsung aku masukkan ke wish list dan langsung beli dua bukunya sekaligus saat ke Gramedia. Baru-baru ini ternyata seri ketiganya, Career of Evil juga uda diterjemahkan oleh Gramedia dengan harga normal 178rb. Dua buku sebelumnya aku beli masing-masing 99rb dan 119.000.

178rb itu bisa dpet 2-3 buku lho. Aku tahan dulu hasrat untuk beli Career of Evil. Buku bagus biasanya selalu cetak ulang, jadi gak terlalu takut kehabisan. Saat ini aku lebih pengen baca The Chronicle of Audy nya Orizuka dan karya Marissa Meyer. Punya mbak Marissa ini aku masih punya Cinder. Nah, buku berseri lagi deh. bikin galau. #arrrggggh………..

Tinggalkan Balasan

