[Review] Misteri Nuri Gagap |Trio Detektif

nuri gagap

Karena ini baru kali kedua aku membaca seri trio detektif, maka kiranya perlu untuk kenalan dulu dengan tiga remaja hebat ini.

Seperti yang dituturkan oleh Alfred Hitchcock.

Trio Detektif terdiri dari Bob Andrews, Pete Crenshaw dan Jupiter Jones. Ketiga-tiganya tinggal di Rocky Beach, sebuah kota kecil di tepi Samudra Pasifik, tidak jauh dari Hollywood..

Bob Andrews. Potongannya agak kecil, berambut pirang. Tingkah lakunya seperti cendekiawan, tapi kadang-kadang bisa kejangkitan ‘penyakit’ berpetualang.

Pete Crenshaw. Tinggi tegap, berambut coklat, suka gelisah sebelum ada kejadian apa-apa. Tapi bisa diandalkan dalam menghadapi kerumitan seperti apapun jenisnya.

Jupiter Jones. Biasa dipanggil ‘Jupe’. Anaknya pendek dan gempal. Wajahnya bulat. bisa kelihatan tolol sekali, padahal di belakangnya tersembunyi otak cerdas dan seringkali tajam penalarannya.

Baik Bob maupun Pete tinggal dengan orang tua masing-masing. Sedang Jupiter Jones tinggal bersama paman dan bibinya. Orang tuanya sendiri sudah meninggal ketika ia masih kecil.

Markas operasi Trio detektif itu di kompleks tempat jual belli barang bekas, yang dikelola oleh suami istri Titus dan Mathilda jones, paman dan bibi Jupe. Kantor mereka tersembunyi dalam sebuah trailer. Yang dinamakan trailer itu, sebuah gerbong besar, mirip rumah mungil yang bisa berpindah tempat dengan ditarik mobil atau truk. Trailer itu juga dilengkapi dengan laboratorium kecil serta kamar gelap untuk mencuci foto. Orang lain tidak mengenal markas itu, karena letaknya terseumbunyi di balik tumpukan barang rombengan. Masuk ke situ harus melalui jalan-jalan rahasia yang dibuat oleh mereka.

Jupe ini cerdas banget, suka membaca. Aku suka karakter Jupe yang selalu optimis, terkadang terlalu over PeDe sih. Dia memenangkan suatu sayembaran dengan hadiah berhak memakai mobil sedan bersepuh emas, Rolls-Royce, selama tiga puluh hari. Yang bisa kupelajari dari Jupiter, selama kita mau menggunakan otak kita, kita gak usah khawatir menghadapi masa depan.

Boleh dibilang aku ketinggalan dalam dunia perbukuan, cerita terkenal kayak gini aku aja baru baca. Di tahun 2016. #tepokjidat.

Ini yang kedua kalinya baca serial trio detektif setelah misteri Puri Setan . Seru, petualangan tiga remaja yang membentuk grup detektif. Jadi pengen kembali ke masa masa sekolah, terus membentuk geng detektif gitu. Kalau mengenai cerita detektif, aku kenalnya dari film kartun Conan, suka nonton di hari minggu waktu SD. Saat kuliah, ternyata banyak teman-temanku yang juga suka Conan, mereka suka donlod filmnya, ngoleksi komiknya. Jadinya, di laptop aku ngoleksi film Conan juga, minta ke teman-teman. Kayaknya generasi 90an familiar yaaa sama Conan.

Untuk publisitas, trio detektif membuat kartu nama, yang bunyinya,

TRIO DETEKTIF

“Kami menyelidiki segala-galanya”

? ? ?

Penyelidik Pertama – Jupiter Jones

Penyelidik Kedua – Peter Crenshaw

Catatan dan Riset – Bob Andrews

Kenapa ada tanda Tanya (?), seolah-oleh mereka tidak yakin dengan kemampuan sendiri. Etapiii….. tanda Tanya tersebut emang sengaja dikasih, itu ide Jupe.

“Tanda tanya merupakan tanda yang dikenal di mana-mana dan melambangkan sesuatu yang tidak diketahui. Kita siap-siaga menyelidiki dan memecahkan setiap teka-teki, misteri atau hal-hal membingungkan, yang diajukan siapa saja pada kita. Karenanya tanda tanya menjadi lambang usaha kita.Tambahan pula, tanda tanya akan merangsang minat.Ketiga tanda tanya itu akan menyebabkan orang bertanya apa artinya”

Selain itu mereka punya beberapa kode rahasia, salah satunya yaitu penanda jejak dari kapur dengan lambang tanda tanya (?). Pete mendapatkan kapur warna biru, Bob hijau, Jupe putih.

“Tanda ini berarti salah seorang anggota Trio Detektif pernah lewat di sini”

Sesi perkenalannya sudah, sekarang sedikit review.

John Silver, dia menyembunyikan sebuah harta karun. Orangnya sudah meninggal. Lewat 6 ekor burung nuri dan seeokor burung beo yang telah ia latih mengucapkan kata-kata tertentu, merupakan petunjuk untuk menemukan harta karun tersebut. Berbagai masalah muncul, Nuri-nuri tersebut telah dijual oleh teman John Silver, belum lagi seorang pencuri dari Prancis juga mengincar harta karun tersebut.

Singkat kata, Trio Detektif berhasil mengumpulkan semua ucapan Nuri dan Beo tersebut. Nama-nama burung tersebut dan ucapannya terbilang unik.

Little Bo-Peep (bagian 1). Little Bo-Peep kehilangan domba dan tidak tahu ia harus dicari di mana. Hubungi Sherlock Holmes.

Billy Shakespeare (bagian 2). To-to-to be or not to-to-to be, that’s the question.

Blackbeard (bagian 3). Aku blackbeard si bajak laut, dan hartaku kupendam di tempat orang mati menjaganya terus! yo-ho-ho dan tuak satu botol!

Robin Hood (bagian 4). Kutembakkan anak panah sebagai perlambang. Seratus langkah ke barat ia melayang.

Sherlock Holmes (bagian 5). Anda kenal metodeku, Watson. Tiga tujuh menuju ke tiga belas.

Captain Kidd (bagian 6). Lihat di bawah batu di balik tulang untuk menemukan kotak tak berkunci.

Scarface (bagian 7). Aku tak pernah memberi kesempatan adil bagi si tolol. Dan itu gampang sekali.

Walaupun mereka sudah mencatat semua ucapan burung tersebut, sandi belum terpecahkan. Ketika mereka uraikan kembali ucapan Billy Shakespeare yang seperti bicara orang gagap, mereka mendapati bahwa nuri tersebut bukanlah gagap.

To-to-to be or not to-to-to be adalah sebuah alamat. Jika ditulis dengan angka menjadi 222b. dalam bahasa inggris ‘To’ kedengarannya memang sama dengan ‘two’. Dan alamat Sherlock Holmes sendiri yaitu Baker Street 221B. Jadi, mereka memaknai bahwa 222B, merupakan Baker Street 222B. Sehingga mereka mencari alamat Baker Street 222B di California. Alamat itu menunjuk pada sebuah tempat pemakaman.

Sedangkan pesan Sherlock Holmes yang berbunyi, ‘tiga tujuh menuju ke tiga belas’, yang dalam bahasa inggris yaitu ‘Three seven lead to thirteen’, setelah didengarkan lagi dengan seksama, Pete mendapati bahwa pesan itu berbunyi ‘Three Severn lead to thirteen (tiga Severn menuju ke tiga belas)’

Ketika Pete dan Jupe menuju lokasi pemakaman, mereka menemukan makam 3 orang anggota keluarga Severn yang meninggal di hari yang sama.

Pesan selanjutnya? Silahkan baca sendiri yaaa…

Download di sini

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s