[Book Review] Mr. Quin yang Misterius

The_Mysterious_Mr_QuinIa muncul entah dari mana, dan lenyap begitu saja setelah tugasnya selesai. Tapi Mr. Satterthwaite yang cepat tanggap segera menyadari bahwa setiap kali Mr. Harley Quin muncul, berarti ada bahaya yang akan terjadi berlatar belakang tragedi.

Mr. Quin yang misterius, seperti halnya tokoh Harlequin, hanya muncul saat ada pasangan kekasih yang sedang dalam kesulitan atau ada orang mati yang dendamnya belum terbalaskan. Dalam 12 kasus pembunuhan, skandal, dan peristiwa bunuh diri yang membingungkan, Mr. Satterthwaite menyibak kebenaran yang tersembunyi dan memberikan keadilan bagi yang tidak bersalah, dengan bantuan Mr.Quin

awalnya aku kira ini novel, ternyata cerita pendek. ada 12 cerita pendek yaitu:

  1. Munculnya Mr. Quin
  2. Bayangan di Jendela
  3. Di Bells and Motley
  4. Tanda di Langit
  5. Rahasia si Bandar Kasino
  6. Laki-laki dari Laut
  7. Suara dalam Kegelapan
  8. Wajah Helen
  9. Harlequin yang Mati
  10. Burung dengan Sayap Patah
  11. Ujung Dunia
  12. Jalan Harlequin

Harley Quin digambarkan dengan fisik yang tinggi dan berkulit gelap. Dia pandai memecahkan kasus yang bahkan tidak berhasil dipecahkan bertahun-tahun silam.

Suatu masalah tidak mesti tidak dapat dipecahkan hanya karena sampai sekarang masih belum terpecahkan.

….bahwa dengan melihat masa lalu, kita bisa melihat lagi segalanya sebagaimana keadaannya waktu itu dan bukan sebagaimana tampaknya.

Mr. Satterthwaite adalah seorang bujang tua yang tertarik dengan drama kehidupan manusia. Harley Quin membuat Mr. Satterthwaite memecahkan berbagai kasus kejahatan.

Sebagaimana biasanya, Agatha Christie sepertinya suka menuliskan kasus yang dramatis. Pembunuhan dalam pembunuhan. Di cerita pertama, ada dua rentetan peristiwa pembunuhan. Pembunuhan dengan racun Strychnine yang dimasukkan dalam botol anggur korban.

Strychnine tidak terlalu cepat larut, kecuali kalau dalam bentuk hidroklorid. Sebagian besar racun itu, kalau dimasukkan dalam anggur merah, akan terminum pada gelas terakhir, mungkin seminggu setelah dia pulang. (Hal 20)

Setelah peristiwa racun, si pelaku malah bunuh diri karena ketakutan.

Dari 12 cerita pendek, ada 4 cerita yang tidak aku baca. Entahlah, aku kurang suka, kurang puas mungkin karena cerpen yang cepat habis. Mungkin juga karena terlalu banyak tipo. Maklumlah, e-book gratisan. Makanya, aku buru-buru pengen menyelesaikan.

Bagian yang menggelikan tiap kali Mr. Satterthwaite tiba-tiba bertemu dengan Harley Quin. Okelah Harley Quin yang Misterius, tapi kemunculannya yang tiba-tiba itu aneh.

Dari 8 cerpen yang aku baca di sini, rata-rata tentang drama percintaan.

Yawudah, gitu aja review singkatnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s