[Agatha Christie] N or M

lailatul muizzah q
Source: goodreads.com

Karena aku suka dengan Tommy dan Tuppence di Partners in Crime, aku memutuskan membaca karya Agatha Christie yang menceritakan kedua pasangan detektif itu lagi.

Cerita dimulai dengan kebosanan keduanya di usia setengah baya mereka. Tidak ada pekerjaan menantang seperti saat mereka masih muda. Seolah seperti orang yang tidak berguna. Saat itu tahun 1941, dalam kondisi perang antara Inggris dan Jerman. Bahaya bisa mengancam kapan saja. Kapten Grant datang ke rumah mereka, mempercayakan tugas penting pada Tommy, tapi tentu saja Tuppence ingin terlibat juga. Tuan Grant meminta pasangan itu menemukan penyusup dalam pemerintahan Inggris, agen kepercayaan Hitler, inisialnya yaitu N dan M, yang sekarang diduga berada di penginapan Sans Souci. Tuppence memegang peranan Nyonya Blenkensop yang membosankan, Tommy sebagai Tuan Meadowes yang pendiam (hal 190), mereka adalah orang asing yang tidak saling mengenal

Bagaimanakah cara mereka menukan N dan M?

Di antara orang-orang di penginapan Sans Souci kira-kira yang mana N dan M? Semua orang perlu dicurigai.

  • Nyona Perenna si pemilik penginapan Sans Souci yang emosinya cepat berubah-ubah dan Sheila Perenna anaknya
  • Carl von Deinim: pengungsi Jerman
  • Nona minton: perawan tua Inggris yang cerewet
  • Nyonya O’Rourke: wanita Irlandia yang jeli menilai sesuatu di sekitarnya
  • Nyonya Sprout: Seorang ibu muda yang bersama balitanya
  • Tuan Cayle : Mengaku sering ke Jerman dan sering memuji bangsa Jerman, dan istrinya Nyonya Cayle yang seperti pembantu suamianya
  • Mayor Bletchley: Orang Inggris yang suka mengajak Tommy bermain golf

Ada juga orang di sekitar Sans Souci yang perlu diwaspadai. Vanda Poloska, wanita yang kelihatan mempunyai gangguan mental dan Kapten Haydock, pensiunan angkatan laut.

Sebagai seorang penulis papan atas yang berpengetahuan luas, Agatha Christie suka menciptakan tokoh-tokoh dari berbagai macam bangsa, seperti di Novel ini misalnya dan di Pembunuhan di Orient Express.

Suka dengan bagian di novel ini saat penulis melalui tokoh-tokohnya menebak asal usul seseorang dari fisiknya, seperti bentuk kepala, warna kulit, juga sifat-sifatnya.

Misalkan tentang kapten Haydock dari Prusia. Selama ini kapten Haydock adalah teman yang baik dan ramah, tapi Tommy begitu kaget ketika dia marah-marah luar biasa pada pelayannya hanya karena kesalahan kecil. Wajah ramahnya dalam sekejab berubah.

Kenapa dia tak melihatnya selama ini? wajah seorang perwira Prusia yang mudah marah (hal 335)

Bentuk kepala itu, garis dagunya, tak ada yang kelihatan Inggris (hal 341)

Apakah orang-orang sudah buta semuanya? Tidak bisa melihat kepala Prusia yang seperti peluru? (hal 411)

Dan Nona Perenna dari Spanyol. Tommy mengakui bahwa bahwa wanita itu cukup menarik. Dan dia bertanya-tanya sendiri apa kira-kira kebangsaannya. Kelihatannya bukan Inggris. Namanya kedengaran seperti nama Spanyol atau Portugis. Tapi tentunya adalah kebangsaan suaminya. Barangkali dia orang Irlandia walaupun logatnya bukan logat Irlandia tapi sikapnya memang cocok (hal 38).

Di halaman 21 kapten Grant menjelaskan tujuan Jerman. “Tapi semuanya percaya pada tujuan-tujuan Nazi dan prinsip-prinsip Nazi dan ingin agar prinsip-prinsip yang kaku itu menggantikan prinsip demokrasi kita yang liberal”

“Orang-orang muda sekarang ini menyebalkan. Mandi air hangat. Mulai sarapan jam jam sepuluh atau lebih. Tak heran kalau Jerman selalu menang. Tak punya stamina. Memanjakan mereka. Itulah yang dilakukan orang tua sekarang”, Mayor Bletchley mengomentari pemuda Inggris. (hal 56).

Aku jadi bertanya-tanya, pada tahun itu lebih maju Jerman apa Inggris? Kalau sekarang sih kedua Negara tersebut sama-sama maju. Inggris dengan sistem kerajannya dan Jerman dengan sosialisnya. Juga banyak tokoh-tokoh dan ilmuan-ilmuan dunia berasal dari kedua Negara tersebut.

Eniwei, aku lebih suka Partners in Crime daripada ini. Tommy-Tuppence lebih khas smart dam kekonyolannya

download ebooknya di sini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s