[Agatha Christie] Pembunuhan di Orient Express

lailatul muizzah 5Tidak seperti biasanya, di gerbong kelas satu kereta Orient Express penuh penumpang dari segala macam lapisan dan segala bangsa. Sampai Mr Buoc, direktur Orient Express turun tangan untuk memberikan kamar pada teman baiknya, Hercule Poirot.

Karena Salju, Orient Express tertahan di pengunungan Balkan, Yugoslavia. Semua penumpang tampak resah karena kereta menjadi tertunda untuk berangkat. Di saat genting seperti itu, salah satu penumpang, Ratchett, manusia kaya raya yang wajahnya tidak disukai Poirot, ditemukan mati dibunuh dengan 12 tusukan pisau. Sambil menunggu bantuan polisi datang, Mr. Buoc meminta Poirot untuk menyelidiki kasus tersebut. Ditemukan pembersih pipa tembakau, sapu tangan berinisial H, jam tangan emas korban yang berhenti pada pukul satu seperempat, dan sobekan kertas yang bertulislan β€˜ingat Daisy Armstrong kecil’ ditemukan di kamar korban. Apakah benar pembunuhnya adalah orang yang mempunyai permbersih pipa tembakau itu? Atau wanita si pemilik sapu tangan? Atau si pembunuh sengaja meninggalkan jejak agar terkesan seperti itu?

Tanpa membuang-buang waktu, Poirot menyelidiki semua motif dan Alibi penumpang di gerbong Istambul Calais pada jam 11–02 malam. Sayangnya, semua penumpang mempunyai alibi yang kuat tentang apa yang mereka kerjakan pada waktu itu. Bahkan, antara satu penumpang dan penumpang lain yang tidak saling kenal pun, pengakuan mereka mengutkan alibi yang lain. Adakah di antara mereka yang berbohong?

Mengingat kasus Daisy Armstrong, anak kecil yang diculik dan mayatnya ditemukan polisi dalam keadaan meninggal dua minggu sebelumnya. Ratchett adalah penjahat dibalik kasus itu, tapi dia berkali-kali lolos dari penjara. Semua penumpang yang ditanyai mengaku tau pada kasus tersebut, dan menurut mereka, dengan terbunuhnya Ratchett, merupakana balasan yang setimpal dengan kejahatan yang dia lakukan.

Dan siapakah yang memiliki motif paling kuat di antara penumpang untuk membunuh Ratchett?

Bagaimana Poirot dengan metodenya memecahkan kasus luar biasa itu?

Dan apa yang dia lakukan ketika mengetahui pembunuh dan motif dibaliknya?

Menurutku ini kasus pembunuhan paling dramatis. Direncanakan dengan sangat matang. Dendam berjamaah atas kejadian masa lalu. Dan baru kali ini dalam cerita-cerita detektif yang aku ketahui (pengetahuan yang masih minim tentunya), pelaku pembunuhnya bisa selusin. Dari yang awalnya semua penumpang nampak tidak ada yang mempunyai motif sama sekali, dan setelah diselidiki lebih jauh, masih-masing mempunyai motif pribadi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s