Berkenalan dengan Mr. Hercule Poirot

ac
source: goodreads.com

Mengail di Air Keruh oleh Agatha Christie

Gordon Cloade adalah orang kaya raya, dia menjadi tempat bergantung bagi saudara-saudaranya, Adela, Lionel, dan Jeremy Cloade. Merekalah nantinya yang akan mewarisi harta Gordon. Setelah istrinya meninggal dia menikah lagi dengan seorang janda yang jauh lebih muda darinya bernama Rosaleen. Celakanya, Gordon Cloade meninggal sebelum membuat surat wasiat baru untuk ketiga saudaranya, sehingga otomatis harta Gordon Cloade jatuh pada Rosaleen. Keluarga Cloade sangat tidak menyukai Rosaleen, dia merupakan penghalang bagi keluarga Cloade untuk mewarisi harta Gordon. Rosaleen adalah perempuan lemah dan penakut, tapi dia dilindungi oleh saudaranya, David Hunter, sehingga keluarga Cloade tidak berani berbuat macam-macam kepada Rosaleen.

Seperti cerita-cerita detektif biasanya, demi uang atau demi wanita, pasti ada orang-orang yang terbunuh. Di kasus ini ada 3 orang yang meninggal? Bagaimana mereka meninggal dan bagaimana detektif Herlecu Poirot menyelesaikan kasus yang jlimet ini?

Ini pertama kalinya aku baca karya Agatha Christie. Dan membaca tulisan Agtha, otakku tidak bisa untuk tidak menghubungkannya dengan detektif keren, Sherlock Holmes karya sir Arthur Conan Doyle. Di Sherlock Holmes aku uda terbiasaย  denga gaya bercerita Dr. Watson sebagai tokoh aku. Sedangkan Agatha menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu. Awalnya sih bosan dan bingung, banyak kejadian dan bnyak tokoh yang diceritakan secara terpisah seolah jauuuh banget hubungannya. Dan saya keliru sekali pemirsaaah. Semua rangkaian cerita menjadi sebab musabab terhadap inti kasus.
Dengan banyakny tokoh dan berbagai motif pembunuhan, pembaca dibuat terkecoh mengenai si pelaku yang sebenarnya. Aku pribadi sih benar-benar terkecoh. Ada yang meninggal karena bunuh diri, ada yang meninggal karena sengaja dibunuh, dan satunya lagi pembunuhan yang tidak disengaja. Dan tebakanku dari awal meleset terus. Yang kusangka kasus pembunuhan ternyata bunuh diri, dan sebaliknnya.

Aku juga salah terus menbak si pelaku pembunuhan. (Komentar ini mengandung spoiler). kematian Enoch aku kira yang melakukan David, ternyata Rowley. dan kematian Rosaleen yg awalnya aku kira bunuh diri ternyata dibunuh, dan sesuai motif si pelaku, yang paling pas melakukanny adalah Rowley. Ehโ€ฆ malah orang yang kelihatannya tidak punya motif sama sekali yang melakukannya. Next, aku harus lebih teliti membaca tulisan Agatha biar gak salah nebak terus.
Dan kasus diselesaikan dengan baik oleh detektif Poirot. Sikap bijaksanaย  Poirot dalam menangani orang-orang yang terlibat dan tidak ikut mencampuri urusan polisi padahal dia tahu para pelakunya, lagi-lagi mengingatkanku pada Sherlock Holmes.

Sejauh ini masi lebih suka Holmes sih daripada Poirot. Hehe…. hanya pendapat subyektif, dan itu pun mungkin karena aku kenal Holmes duluan dan uda baca semua serinya. Saat membaca Study in Scarlet, novel pertama seri Sherlock Holmes, aku terpesona banget denga keterangan Dr. Watson tentang sahabatnya itu. Bagaimana Holmes bisa menebak pekerjaan, dan hal-hal yang sudah dilakukan seseorang dengan pengamatannya yang jeli hanya dalam beberapa detik, sikap dinginnya, soknya, dedikasinya terhadap bidang yang dia tekuni, it’s cool.

Mengenai ciri-ciri fisik poirot yang disebutkan dalam cerita aku guggling dan mendapatkan ini

PoirotSource: Here

Nah,Mr. Poirot, mari mengenalmu.

Quote

“Dunia akan menjadi tempat yang sulit dihuni, kecuali bagi orang yang kuat” __Hercule Poirot

downlad PDF di sini

Iklan

2 thoughts on “Berkenalan dengan Mr. Hercule Poirot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s