[Book Review] Oh My Goodness, buku pintar seorang creative junkies

wpid-wp-1430128563505“Creativity depends on a number of things: experience, including knowledge and technical skills; talent; an ability to think in a new ways; and the capacity to push through uncreative dry spells”. *Bill Breen

Pengen kreatif seperti Yoris Sebastian? Seorang praktisi kreatif yang memenangkan International Young Creative Entrepreneur of The Year Award 2006 dari British Council di London? Silahkan baca buku ini! dan ikuti tips-tips kreatifnya

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menambah pengetahuan yang akan menunjang kreativitas. Diantaranya:

  • Reading books

Buku-buku yang menunjang kreativita spenulis, Six Thinking Hats by Edward De Bono, The Ten Faces of Innovation by Thomas Kelley, Thinker Toys by Michael Michalko.

(Jadi pengen membaca buku-buku itu juga, biar ketularan kreatip tip tip…………..onion-emoticons-set-6-12)

Lalu buku apa saja yang harus kita baca untuk meningkatkan kreativitas kita? jawabannya relatif, tergantung dari bidang keahlian dan minat anda. Namun saran saya, bacalah buku yang sesuai dengan keperluan anda. Misalnya, anda akan menggarap film tentang kisah hidup seorang dokter, maka bacalah buku-buku yang berkaitan dengan kedokteran. Atau, anda mau menulis novel detektif, maka bacalah buku-buku yang berkaitan dengan kriminalitas dan intelijen.

(Aku merasa menemukan passionku ketika membaca buku-buku atau menonton film detektif seperti Sherlock Holmes dan Detective Conan. Aku akan lebih banyak mengoleksi buku-buku seperti itu atau menonton filmnya supaya aku memiliki kemampuan analisis yang bagus dan suatu saat buat novel semacam itu. Aamiin)onion-emoticons-set-6-44

  • Seminar
  • Watch Movie
  • Gaming

Game tidak harus dalam bentuk Play Station atau olahraga di lapangan yang memerlukan persiapan khusus. Game juga dapat dilakukan di waktu-waktu senggang, atau ketika anda sedang sibuk sekalipun. Misalnya:

1. Ketika sedang berpakaian di pagihari, hitunglah berapa jenis warna yang ada pada pakaian anda, kemudian untuk setiap warna, sebutkan 10 nama benda yang identik dengan warna tersebut.

2. Ketika sedang dalam perjalanan ke kantor, lihatlah orang-orang di sekitar anda. Tebak apa profesi mereka, atau suasana hati mereka. (ini Holmes bangeeet)

3. Ketika sedang menonton film atau televisi, anda dapat mematikan suaranya atau menutup teksnya, lalu menebak apa yang dikatan orang itu atau menduga jalan ceritanya. (ini bisa diterapkan untuk belajar bahasa asing)

4. Bila anda menguasai beberapa bahasa, ketika sedang berbicara ulangi kata-kata dalam pikiran anda dengan menggunakan bahasa lain.

  • Notes

Akubiasamenggunakaniniterutamauntukmereviewbuku

  • Listen To Music

Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa ketika otak kiri sedang bekerja (misalnya ketika sedang memperlajari laporan dalam bentuk angka-angka), musik yang diputar justru akan membangkitkan reaksi otak kanan yang intuitif dan kreatif sehingga proses berpikir menjadi lebih seimbang.

  • Slideshare

www.slideshare.net

  • TED

www.ted.com

Creative place

“kreativitas bisa muncul dimanasaja. Tetapi kreativitas biasanya muncul ketika kita dalam kondisi fun dan rileks”

“Everybody has their own creative place”

“The creative place is the place where no one else has ever been. You have to leave the city of your comfort and go into the wilderness of your intuition. What you’ll discover will be wonderful. What you’ll discover is yourself”. *Alan Alda

orang-orang yang kreatif tidak harus menjadi orang pertama yang melakukan atau menciptakan sesuatu. Mereka dapat melakukan atau membuat hal-hal yang sudah ada, atau hal-hal yang biasa, namun dengan cara yang tidak biasa.

Ex. Google. Sebelum Google dibuat, sudah ada lusinan mesin pencari di internet seperti Yahoo, Altavista, Lycos, dll. Google bukanlah yang pertama tapi para pembuatnya, Larry Page dan Sergey Brin, 2 mahasiswa asal Stanford University, ingin menjadikan Google sebagai mesin pencetak yang terbaik. Kalau mesin pencari lain umumnya menampilkan daftar iklan terlebih dahulu, Google menampilkan iklan di sebelah kanan halaman dengan kotak yang ditandai dengan jelas bahwa itu adalah iklan dari sponsor, sehingga pengguna internet tidak merasa terganggu saat melakukan pencarian.

Otak manusia terdiri dari dua bagian, yaitu otak kiri dan otak kanan.

Otak kiri: memori, logika, analisis, matematika, ilmu pengetahuan, bahasa.

Otak kanan: imajinasi, instuisi, holistic, kreatif, dimensi ruang, kesadaran musik

Untuk memacu otak kanan coba lakukan hal di bawah ini

kreativ

Picture 0045

Saat mengerjakan proyek kreativitas, saya selalu menyarankan untuk menempelkan gambar di sekeliling ruang kerja. Tentu saja gambar yang kita tempel harus berkaitan dengan proyek kreativitas yang kita kerjakan

Banyak kata-kata yang membakar semangat di buku ini.

#creativity is a habit, not genetic

#all children are artist. The problem is how to make remain an artist once he grows up. *Pablo Picasso

#every big step starts with an inch

#don’t be just different. Be different by reason

#make it habit to keep on the lookout for novel and interesting ideas that other have used successfully. Your idea needs to be original only in its adaptation to the problem you are working on. (Biasakanlahuntukmelihathal-hal yang barudan ide-ide bagus yang telahsukses, dan ide-ide andaakantetaporisinaljikaandamenyesuaikannyadenganbidang yang sedangandakerjakan).*Thomas A. Edision.

#dengan menjadi kreatif dalam setiap hal yang kita lakukan, maka keberhasilan pun dapat tercapai

#belajar adalah bayaran tak ternilai buat saya

#jangan biarkan ide muncul dan menguap begitu saja akibat malas mencatat

#it’s better to have enough ideas for some of them to be wrong, than to be always right by having no ideas at all. (Adalah lebih baik memiliki banyak ide meskipun akhirnya salah daripada selalu benar tetapi tanpa ide sama sekal).*Edward De Bono

#saya selalu menyarankan bahwa untuk menjadi kreativ sebaiknya kita mencari pekerjaan jangan hanya dilihat dari besar gajinya saja. Tapi carilah pekerjaan di mana kita bisa mendapat gaji sekaligus ilmu.

#all you have to do is looking for different angel

#thinking is the hardest work there is, that’s why so few partake in it. Henry Ford

Buku ini dicetak tanpa menggunakan nomor halaman, kata penulis itu adalah salah satu ide kreatif dari istrinya. Tapi jujur aku kesulitan mereview buku ini tanpa nomer halaman. Aku harus banyak menandai dengan pensil danpost it untuk bagian-bagian yang akan aku masukkan ke dalam review. Dalam setiap kata-kata yang aku kutip, aku tidak bisa meberi nomer halaman.Contoh-contoh kerja kreatif yang ditulis dalam buku ini juga setengah-setengah, gak utuh, jadi kurang puas onion-emoticons-set-6-134 Di goodreas aku ngasih 4 bintang. Tips tipsnya oke be ge te, inspiring

and the last,

Innovate or die

onion-emoticons-set-6-33

InformasiBuku

Judul buku : Oh My Goodness, buku pintar seorang creative junkies

Penulis :Yoris Sebastian

Penerbit :Kompas Gramedia

ISBN : 978-979-22-8851-3

Cetakan pertama, Maret 2010

Cetakan keempat, agustus 2013

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s