[Book Review] Totto-chan’s Children

totto chan“Ketika seorang anak tidak mendapatkan makanan, bukan hanya tubuh yang berhenti bertumbuh, tapi juga otak, karena otak juga memerlukan gizi (hal 26).

Aku menganal Tetsuko Kuroyanagi lewat bukunya, “Totto Chan, gadis cilik di jendela”. Sebuah buku yang katanya mampu merubah sistem pendidikan di Jepang. Penasaran sama buku itu, aku download ebooknya, dan sampai sekarang belum selesai aku baca. Semoga kesampaian membaca versi cetaknya.

Tetsuko alias Totto Chan menjadi duta kemanusiaan UNICEF (United Nations Children’s Fund) dan berkesempatan melihat anak-anak kurang beruntung dari berbagai belahan dunia. Mereka adalah anak-anak korban perang, kekurangan gizi, di mana air bersih pun sulit di dapat, dan……… ah, teralu sulit untuk diungkapkan.

Tanzania, 1984. Kunjungan pertama Totto Chan sebagai duta kemanusiaan Unicef.

“Tanzania mengalami kekeringan parah, hujan tidak turun sejak 1981, hampir taka da gandum yang bisa tumbuh. Setiap hari, kira-kiran enam ratus anak di bawah usia lima tahun meninggal akibat kelaparan penyakit”. Hal 26.

“Di salah satu sekolah, anak-anak memiliki perlengkapan belajar yang sangat minim, sehingga guru menjelaskan penjumlahan dengan cara menggoreskan soal di atas debu menggunkan tongkat, sementara anak-anak meneriakkan jawaban mereka”. hal 44

Anak-anak yang kurus karena kekurangan nutrisi, jangankan untuk berdiri kemudian berjalan, untuk tersenyum saja mereka gak bisa. “Butuh nutrisi agar kau bisa tersenyum” (hal 31)

Aku seringkali kehilangan fokus saat membaca buku ini, mungkin momentnya yang kurang tepat, aku membaca di sela-sela kesibukan, biasanya sih fine-fine aja. Sebagai buku terjemahan, ada beberapa kalimat yang susah dimengerti.

Dengan membaca buku ini, membuatku merasa banyak bersyukur dengan kondisi yang ada. Dan salah satu impianku juga, aku ingin aktif di komunitas yang begerak dalam bidang kemanusiaan.

Informasi buku

Buku ini aku pinjem dari perpus umum Pamekasan, heran juga kok gak ada keterangan tahun terbit, editor, layout, dan sebagainya. Apa mungkin halaman ini hilang ya?

Ini informasi seadanya aja.

Paperback, 322 pages

original title: Totto-chan’s Children: A Goodwill Journey to the Children of the World

ISBN : 9789792259988

Author : Tetsuko Kuroyanagi

edition language :Indonesian

Published by Gramedia Pustaka Utama

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s