Habits

imagesHabits adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berpikir. Habits adalah suatu aktivitas yang dilakukan secara terus menerus sehinga menjadi bagian daripada seorang manusia. Dia adalah kebiasaan kita.

Habits ibrat autopilot pada diri manusia yang menentukan bagaimana dia merespon terhadap satu kondisi tertentu, atau pembiasaan respons terhadap kondisi tertentu.

Dalam satu penelitian disampaikan bahwa dari 11.000 sinyal yang diterima otak manusia, hanya 40 yang diproses secara sadar, sedangkan sisanya diproses secara otomatis. Hasil penelitian lain juga menyampaikan setidakny 95% daripada respon manusia terhadap suatu kondisi tertenu terjadi secara otomatis.

Habits Pinter Bingit

Imam Syafi’i, beliau pendiri mahzab Syafi’i dan sangat terkenal pada zamannya sebagai seorang pemuda yang fasih bacaan Al-Qurannya, indah lisannya dan kuat akalnya. Imam Syafi’i mampu menghafalkan Al-Quran dan saat itu umurnya belum genap 7 tahun. Bahkan menghafalkan keseluruhan kitab Al-Muwaththa’ Imam Malik ketika berusia 12 tahun. Hafalan beliau tentang nasab dan sejarah arab pun menyamai Ibnu Hisyam. Beliau seorang sejarawan Muslim yang kemampuannya di atas rata-rata. Belum lagi hafalan sya’ir-sya’ir Arab yang beliau kuasai.

Ath Thabari misalnya, seorang sejarawan yang juga sangat fakih pada bidangnya, beliau dicatat selalu menulis 40 lembar setiap hari dalam 40 tahun hidupnya. Selain sejarawan, beliau juga seorang pemikir juga sekaligus ahli tafsir. Karyanya Tarikh Ar-Rasul wa Al Mulk diterjemahkan dalam bahasa inggris dalam 40 jilid, dan tafsir Ath-Thabari sampai sekarang juga termasuk jajaran kitab favorit pembelajar ilmu Al-Quran.

Saya kenal dengan seorang pengemban dakwah yang bukan pustakawan. Namun kecanduan membaca buku buku sejarah islam dan refrensi islam lainnya sebagaimana seorang potter mania di depan buku Harry Potter. Tidak hanya itu, dia dapat menceritakan isinya selengkap cerita anak berusia 5 tahun yang menceritakan film Spongebob Squarepants.

Saya juga mengenal seorang pengemban dakwah yang bukan wartawan. Namun mengashilkan tulisan dakwah sama cepatnya seerti seorang dokter menuliskan resep pasiennya. Tidak hanya itu, dia bisa menjelaskan tulisannya sama bagusnya seperti seorang PhD menjelaskan tesisnya.

Kenapa bisa begitu??? Itulah Habits

Imam syafi’i dapat menghafal Al-Quran pada umur 7 tahun adalah biasa baginya, namun istimewa bagi kita. Mengapa wajar? karena ibunya adalah seorang hafidzah yang mengkhatamkan Al-Quran minimal 2x seminggu. Bayangkan berapa banyak Imam Syafi’i mendengarkan Al-Quran? Di masanya, sudah menjadi kewajaran pula seorang anak usia dini menghafalkan Al-Quran, dan Imam Syafi’i menceritakan bahwa dia pun sering mendengarkan kawan-kawannya meghafal Al-Quran.

Habits Dermawan bingits

Abdurrahman bin Auf adalah seorang sahabat yang kaya raya dan termasuk salah satu sahabat yang dikabarkan kepadanya bahwa ia akan masuk surga Allah tatkala beliau masih hidup. Abdurrahman bin Auf pernah menyumbangkan hartanya ditambah 40.000 dinar, 500 kuda dan 500 unta dalam satu waktu, dan menyumbangkan 50.000 dinar fii sabilillah ketika meninggal, dan lebih banyak lagi yang beliau sumbangkan tatkala masih hidup

Saya mengenal pula pengemban dakwah yang terlahir jauh dari hartawan. Namun tangannya bisa disamakan dengan tangan Midas yang merubah menjadi emas apapun yang disentuhnya. Tidak hanya itu, tangannya membantu orang-orang kesulitan sama ringannya dengan kapas.

Banyak yang pandai berinvestasi dalam bisnis hingga usahanya beranak pinak, namun selalu tidak punya uang ketika diminta pengorbanannya berinfak fii sabilillah.

Maka jangan harap kita bisa berinfak dalam keadaan sulit apabila kita tidak melatihnya dalam keadaan lapang.

Temukan Jawabannya Hanya di buku Ust. Felix Y. Siauw. (huaaa… promo. gak dibayar kok. Suerrr)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s